Cara mengeCek subsidi kpr btn untuk kpr subsidi se indonesia dengan Cara Cek subsidi kpr btn 2022



Informasi Lengkap tentang Cara Mengecek Subsidi KPR BTN

Cara mengecek subsidi KPR BTN menjadi salah satu hal yang perlu diketahui oleh Anda para nasabah Bank BTN. Pemerintah telah mengucurkan dana sebesar Rp2.1 triliun ke bank BTN untuk subsidi bunga KPR bagi masyarakat, yuk! cek sekarang.

Cara Mengecek Subsidi KPR BTN

Supaya bisa mengetahui apakah Anda termasuk sebagai penerima subsidi KPR dari bank BTN, Anda perlu melakukan pengecekan. Berikut beberapa tahapan yang perlu Anda lakukan untuk cara mengecek subsidi KPR BTN.

  • Akses Website jendelaumkm.id

Supaya bisa mengecek apakah Anda termasuk sebagai penerima subsidi KPR, silahkan akses alamat website jendelaumkm.id.

  • Baca Kriteria dan Alur Informasi Debitur

Setelah itu, akan muncul banyak informasi terkait kriteria, kententuan, dan informasi lainnya yang perlu diketahui oleh debitur.

  • Klik “Cek Subsudi”

Jika sudah membaca semua informasi debitur , silahkan klik tanda titik 3 yang berada di sudut kanan atas menu.

  • Masukan NIK/NPWP

Cara cek subsidi KPR BTN yang selanjutnya, silahkan masukan NIK/NPWP Anda, setelah itu klik “lanjutkan”.

  • Cantumkan Nomor Rekening Pinjaman

Setelah itu, cantumkan nomor rekening pinjaman Anda dengan benar, supaya proses pengecekan berjalan lancar. Nomor ini adalah nomor rekening pinjaman, bukan nomor rekening tabungan bank.

Jika sudah mencantumkan nomor rekening tersebut, silahkan klik “Lanjutkan”, dan nantinya informasi tentang subsidi akan muncul.

Kriteria Penerima KPR BTN Subsidi

Sebelum menerapkan cara mengecek bantuan KPR BTN dari pemerintah, Anda harus terlebih dahulu mengetahui apa saja kriteria. Pemohon harus berkewarganegaraan Indonesia minimal berusia 21 tahun atau sudah menikah, dan tidak berusia lebih daru 65 tahun.

Syarat penerima KPR BTN subsidi selanjutnya, pemohon atau pasangannya tidak memiliki rumah atau belum pernah mendapat subsidi pemerintah. Pengecualian untuk para TNI/Polri/PNS bisa mendapat 2 kali jika pernah dipindahtugaskan.

Gaji dari pemohon tidak boleh lebih dari Rp6.5 juta untuk pembangunan rumah swadaya, atau Rp8.5 juta untuk rumah susun. Pemohon juga harus merupakan orang yang tidak termasuk dalam daftar hitam nasional. 

Persyaratan Administrasi KPR Subsidi

Setelah memenuhi kriteria umumnya, Anda juga perlu menyiapkan beberapa persyaratan administrasi untuk bisa mendapatkan KPR subsidi. Pemohon harus terdaftar di Dukcapil, serta memiliki e-KTP, NPWP, dan SPT tahunan PPh orang pribadi.

Siapkan juga dokumen lainnya, seperti formulir pengajuan kredit, pas foto terbaru pemohon dan pasangan, fotokopi kartu keluarga, surat nikah/cerai. Selain itu, pemhon perlu menyiapkan dokumen penghasilan sesuai dengan profesi yang dijalankan, misalnya pegawai, wiraswasta, pekerja mandiri, atau TNI/Polri/PNS.

Pemohon yang berprofesi sebagai pegawai harus menyiapkan slip gaji terakhir/surat keterangan penghasilan, dan fotokopi SK pengangkatan pegawai tetap/SKT. Sedangkan untuk wiraswasta cukup menyiapkan SIUP/TDP dan laporan keuangan 3 bulan terakhir.

Pemohon yang merupakan pekerja mandiri harus fotokopi izin praktek, rekening Koran 3 bulan terakhir, dan fotokopi NPWP. Selain itu, siapkan juga surat keterangan domisili dari kelurahan, dan surat pernyataan tidak memiliki rumah yang diketahui lurah.

Keuntungan Rumah Subsidi KPR BTN 2022

Rumah subsidi KPR BTN 2022 memiliki beberapa keuntungan, yakni memiliki biaya awal yang ringan, dan terjamin legal. Selain itu, rumah KPR biasanya sudah siap huni dan reputasi pengembang sudah terjamin baik dan terpercaya.

Harga rumah KPR subsidi bisa dibilang lebih terjangkau karena adanya santunan dari pemerintah, harganya sekitar Rp100 juta. Ukuran rumah KPR subsidi biasanya maksimal 36 m2, sudah dilengkapi kamar tidur, kamar mandi, dan ruang tamu.

Larangan bagi Penerima Subsidi BTN

Jika sudah berhasil mendapatkan bantuan subsidi KPR BTN, Anda perlumenghindari bebera[a larangan yang telah ditentukan. Penerima bantuan tidak boleh menunggak angsuran, serta menelantarkan atau membiarkan rumah tanpa penghuni.

Penerima subsidi BTN juga tidak boleh menyewa/mengalihkan kepemilikan rumah kecuali debitur meninggal dunia. Penerima juga tidak boleh menghuni rumah tersebut lebih dari 5 tahun (rumah tapak) atau 20 tahun (rumah susun).

Demikian ulasan tentang cara mengecek subsidi KPR BTN dan informasi lainnya seputar rumah subsidi KPR. Semoga informasi ini bisa membantu Anda untuk mengetahui bagaimana kriteria, persyaratan dan keuntungan dari rumah KPR 2022.