Cara memasukan token listrik terbukti berhasil dengan Cara memasukkan token listrik ke meteran gratis 2022



Cara Memasukan Token Listrik 2022

Cara memasukan token listrik perlu diketahui jika Anda menggunakan listrik prabayar yang mengharuskan penggunanya mengisi token terlebih dahulu. Pengisian token ini mirip dengan isi pulsa pada telepon seluler jadi terbilang praktis, bahkan token listrik dinilai lebih hemat.  

Cara Memasukan Token Listrik

Token listrik bisa diperoleh lewat, supermarket, minimarket, sejumlah bank, kantor pos, penjual pulsa, atau dibeli secara online. Jadi, cara memasukan token listrik gratis hanya berlaku ketika memasukan saldo token ke meteran listrik. 

Untuk mendapatkan saldonya, Anda harus membeli saldo token listrik terlebih dahulu melalui tempat yang telah disebutkan sebelumnya. Ketika membeli token listrik, Anda perlu membawa kartu identitas pengguna listrik prabayar, karena terdapat kode token listrik. 

Setelah membeli token listrik, selanjutnya simak cara memasukan pulsa listrik, sebagai berikut. 

  • Memasukan Token Listrik 

Setelah membeli token listrik, Anda akan memperoleh struk yang tertera 20 digit kode token listrik. Input 20 digit kode tersebut ke meteran listrik. Ketik 20 angka token listrik, kemudian pilih tombol enter. 

  • Pilih Backspace Jika Salah Ketik 

Apabila terjadi kesalahan ketika menginput kode token, maka bisa menghapusnya dengan tombol backspace. Jika kode 20 angka sudah dimasukan dan tekan enter, kemudian muncul benar atau accept, maka kode sudah benar. Nantinya, layar MPB akan menampilkan jumlah nilai kwh serta daya yang dibeli. 

  • Input Ulang Jika Terjadi Reject 

Setelah kode digit dimasukan, dan tampil tulisan salah atau reject, kemungkinan ada kesalahan ketika menginputnya. Maka, coba kembali untuk memasukan 20 digit angka token listrik. 

Cara Memasukan Token Listrik Jika Gagal

Mengatasi cara memasukan token listrik jika gagal, ketika sebabnya adalah salah masukan token listrik, maka bisa diinput ulang. Biasanya kesalahan terjadi karena kelebihan ataupun kurang memasukkan kode token yang seharusnya. 

Tetapi, jangan sampai memasukan kode yang sama sebanyak tiga kali, hal ini menyebabkan blocked otomatis pada meteran. Hal lain yang menyebabkan kegagalan cara memasukan token listrik yaitu kerusakan pada server PLN. 

Karena kesalahan ini datang dari pusat, maka yang bisa Anda lakukan yaitu menunggunya beberapa saat. Kemudian, mencoba kembali untuk mengisi token listrik. 

Penyebab kegagalan pengisian token listrik yaitu batas meteran listrik overlimit, jadi meteran listrik mempunyai batas pengisian. Maka, Anda perlu memahami batas ketika menerapkan pembelian token listrik. 

Ketika meteran listrik terlanjur mengalami overlimit, maka bisa menghubungi petugas PLN terdekat atau telepon 123. 

Keunggulan Menerapkan Cara Memasukkan Token Listrik ke Meteran

Beberapa hal menjadi alasan bahwa menerapkan cara memasukan token listrik ke meteran terbilang menguntungkan. Pertama, token listrik memudahkan pengguna listrik mengontrol pemakaian listriknya. 

Adanya meter elektronik prabayar menjadikan Anda mampu memantau pemakaian listrik setiap hari kapanpun. Meteran juga menampilkan angka sisa pemakaian kWh terakhir, Anda bisa mengerem penggunaan listrik, jika terasa boros. 

Kedua, menerapkan cara masukin token listrik, maka penggunaan listrik bisa disesuaikan dengan anggaran belanja. Pulsa listrik memiliki nilai beraneka ragam seperti Rp20 ribu sampai Rp1 juta, bisa Anda pilih sesuai kebutuhan maupun kemampuan. 

Dengan adanya nilai tersebut, maka anggaran belanja keluarga bisa lebih terkendali. Ketiga, terhindari dari risiko denda keterlambatan, sehingga Anda tidak perlu terbebani dengan biaya keterlambatan. 

Keempat, privasi lebih terjaga karena Anda tidak perlu membukakan pintu terhadap petugas pencatatan meter. Karena, meteran prabayar mencatat pemakaian listrik Anda secara otomatis, dan pencatatannya akurat. 

Kelima, pembelian token listrik memiliki jaringan luas, bahkan bisa diakses ATM, Anda bisa mendapatkannya lewat loket pembayaran listrik online. Sistem listrik pintar ini atau token listrik cocok digunakan orang-orang yang memiliki usaha kontrakan atau sewa kos. 

Hal ini menjadikan bahwa tagihan listrik penghuni kontrakan menjadi tanggungannya sendiri, bukan tanggung jawab pemilik kontrakan. Sebagai pemilik kontrakan, Anda tidak perlu lagi was-was, jika ada penyewa kamar yang tidak membayar tagihan listrik. 

Cara memasukan token listrik terbilang mudah dan praktis, sebaiknya berhati-hati dalam memasukan kode token ke meteran, untuk meminimalisir masalah. Sudah banyak orang yang menggunakan sistem listrik pintar atau token listrik ini, karena dinilai lebih menguntungkan dan hemat.